Tentang BogorKerja

BogorKerja merupakan sebuah portal web yang memberikan informasi seputar lowongan kerja yang di akomodasi oleh Pemerintah Kota Bogor Dinas Tenaga Kerja.

Pencaker (Pencari Kerja) dapat memanfaatkan fasilitas BogorKerja untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang di posting oleh perusahaan yang sudah di verifikasi terlebih dahulu oleh Dinas Tenaga Kerja.

Daftar Akun Baru

Sebagai pencaker, anda dapat melakukan pendaftaran untuk mendapatkan pelayanan dari BogorKerja. Fitur yang bisa anda dapatkan dengan melakukan pendaftaran adalah sebagai berikut

  1. Membuat Kartu Kuning /AK1
  2. Membuat profil ID dan CV
  3. Mengirimkan lamaran pekerjaan ke perusahaan
  4. Mengikuti kegiatan Job Fair
  5. Mengikuti pelatihan
  6. Mendaftar layanan BKK
  7. Mengikuti agenda webinar
  8. dan masih banyak lagi pelayanan yang di dapat dari BogorKerja (Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor)

Tidak bisa mendaftar dikarenakan sudah pernah mendaftar sebelumnya?
Anda bisa langsung datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan memberikan informasi kepada petugas nomor ID KTP anda. Selanjutnya silahkan meminta kepada petugas untuk mereset username dan password anda di BogorKerja.
Saya lupa password akun pencari kerja?

Silahkan klik tombol Lupa Password pada halaman login pencari kerja. Silahkan masukan email anda yang pernah di daftarkan di BogorKerja, lalu ikuti petunjuk selanjutnya dari email yang anda terima.

Tapi bagaimana jika saya lupa email?
Solusinya anda dapat bertanya langsung ke pada kami melalui Pusat Bantuan atau menghubungi kami melaui nomor kontak yang tersedia di web BogorKerja.

Akun terblokir, saya tidak bisa akses akun pencari kerja?
Akun anda terblokir dikarenakan anda tidak memenuhi wajib lapor lebih dari 6 bulan. Sistem secara otomatis menutup akun anda sementara. Untuk membuka kembali anda, silahkan datang ke Kantor Dinas Tenaga Kerja untuk dibantu oleh operator.
#Cara Wajib Lapor
Sudah mendaftar, tetapi tidak bisa login?

Jika sudah berhasil mendaftar dan tidak bisa login, kemungkinan hal itu dikarenakan username yang anda buat sudah digunakan oleh orang lain. Sistem secara otomatis akan mengganti username anda dengan alamat email yang anda masukan. Silahkan login dengan alamat email anda.

Namun, jika alamat email anda pun sudah pernah di daftarkan sebelumnya, username anda akan di generate oleh sistem secara otomatis menjadi kode acak. Hal ini mengharuskan anda untuk konfirmasi email secara manual ke kantor Dinas Tenaga Kerja.
Untuk dapat mengetahui generate username anda, silahkan cek username anda di email inbox anda.

Jika kesulitan dengan hal tersebut, silahkan datang ke Kantor Dinas Tenaga Kerja untuk bantuan perubahan data akun ke operator.

Kartu Kuning /AK1

Untuk proses pembuatan Kartu Kuning /AK1 di Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor, anda dapat melakukan pendaftaran melalui website BogorKerja. Proses yang harus anda penuhi untuk mendapatkan Kartu Kuning /AK1 ini adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu
  2. Lengkapi informasi profil dan data diri dengan sebenarnya
  3. Anda dapat melengkapi informasi data lebih lengkap dengan login ke halaman dashboard akun anda
  4. Mengisi kuesioner terlebih dahulu melalui menu Untuk Pencari Kerja > kuesioner
  5. Untuk pengambilan lembar Kartu Kuning /AK1 dapat datang langsung ke Kantor Dinas Tenaga Kerja atau MPP
  6. Informasikan nomor ID KTP kepada petugas di kantor serta bawa FC KTP, FC Ijasah serta pas foto (ukuran 2 x 3) sebagai persyaratan validasi kebenaran data anda
  7. Pembuatan Kartu Kuning /AK1 tidak dipungut biaya. Gratis
alternatif lain untuk pas foto anda dapat mengupload pada halaman dashboard profil akun anda.

Cara memperoleh Kartu Kuning /AK1?
Setelah anda mendapaftarkan diri di BogorKerja, untuk memperoleh cetak kartu kuning /AK1, silahkan datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor. Jangan lupa membawa persyaratan sebagai validasi kartu kuning anda.
Kartu Kuning /AK1 saya hilang, bagaimana cara memperolehnya kembali?
Silahkan datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor. Jika anda sudah pernah mendaftar di BogorKerja informasikan nomor ID KTP anda kepada petugas, jika belum silahkan mendaftar terlebih dahulu. Jangan lupa membawa persyaratan sebagai validasi kartu kuning anda.
Beda domisili, apakah bisa membuat kartu kuning /AK1 di BogorKerja?
Bisa, silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu di BogorKerja. untuk memperolehnya silahkan datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor. Jangan lupa membawa persyaratan sebagai validasi kartu kuning anda.
Melaporkan penempatan kerja?
Melaporkan diri apakah sudah diterima kerja, dilakukan setelah memperoleh pekerjaan apabila dalam waktu 6 bulan belum juga mendapatkan pekerjaan atau belum melaporkan maka diharapkan datang kembali ke kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor. Berikut informasi cara melaporkan secara online. Wajib Lapor

Dashboard

Setelah anda melakukan pendaftaran dan memiliki akses akun di BogorKerja. anda dapat melakukan login untuk dapat masuk ke halaman Dashboard.

Dashboard pencaker memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

  1. Informasi lamaran kerja yang sudah di kirim
  2. Informasi undangan interview perusahaan
  3. Informasi data pelatihan
  4. Informasi jobfair
  5. Informasi layanan BKK
  6. Informasi lowongan kerja khusus BKK
  7. Profil ID dan CV
  8. Webinar
  9. Meetroom untuk layanan interview secara online

Informasi Lowongan Kerja

Informasi lowongan kerja (Loker) bisa anda temukan pada halaman web BogorKerja. Anda dapat menemukannya pada menu link Untuk Pencari Kerja > Informasi Loker

Kenapa informasi lowongan di BogorKerja kurang update?
Dinas Tenaga Kerja sangat berhati-hati dalam menyeleksi perusahaan-perusahaan yang akan melakukan posting informasi lowongan kerja. Oleh karena itu informasi lowongan keja yang tampil di BogorKerja adalah benar-benar valid.
Namun Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor akan terus berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan informasi lowongan kerja yang akurat dan valid.

Cara Mengirim Lamaran

Sebelum anda dapat menggunakan fitur BogorKerja untuk mengirimkan lamaran pekerjaan kepada perusahaan adalah lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika hal tersebut sudah dilakukan anda dapat mencari terlebih dahulu lowongan yang tersedia pada menu link Untuk Pencari Kerja > Informasi Loker

Pilih salah satu lowongan yang masih tersedia masa aktif penerimaan lowongan tersebut pada halaman web BogorKerja. Setelah halaman informasi lowongan yang anda pilih muncul, tekan tombol Apply Now dan akan muncul dialog box lalu tekan Apply Now sekali lagi untuk mengirimkan lamaran anda. Sistem akan secara otomatis mengirimkan informasi data profil beserta dokumen.
tombol Apply Now akan muncul jika masa aktif lowongan masih tersedia.

Halaman Profil

Dengan mendaftarkan diri di BogorKerja, secara otomatis anda akan memiliki halaman profil. Hal ini bisa anda pergunakan sebagai profil CV anda untuk kebutuhan proses melamar kerja. Halaman profil yang anda miliki di BogorKerja akan menampilkan informasi seperti

  1. Biodata nama lengkap alamat dan kontak
  2. Informasi biografi
  3. Informasi pendidikan
  4. Informasi pengalaman pelatihan
  5. Informasi pengalaman kerja
  6. Informasi dokumen

Dengan adanya halaman profil ini, berguna untuk meningkatkan kualitas diri dalam penyampaian informasi tentang anda kepada perusahaan.

JobFair Virtual

Pemerintah dalam hal khususnya Dinas Tenaga Kerja adalah sebagai media yang memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam hal ketenaga kerjaan. Memberikan pelayanan kegiatan berupa Bursa Kerja (JobFair) bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pekerjaan.

Namun hal tersebut tidak dapat dilakukan disaat pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu Pemerintah khususnya Dinas Tenaga Kerja berupaya untuk memenuhi pelayanan kepada masyarakat melalui Bursa Kerja Virtual / JobFair Virtual. Sehingga kegiatan Bursa Kerja / JobFair ini dapat dilakukan #dirumahsaja (komputer/laptop).

Layanan JobFair Virtual adalah layanan bursa kerja yang dilakukan secara online atau menggunakan layanan digitalisasi. Bagaimana caranya agar dapat mengikuti acara JobFair ini, berikut langkah-langkahnya

  1. Melakukan pendaftaran terlebih dahulu di BogorKerja lalu melakukan akses login dengan akun yang anda buat.
  2. Akses halaman JobFair Virtual. Anda dapa menemukannya pada menu Untuk Pencari Kerja > JobFair Virtual
  3. Anda dapat melihat informasi daftar perusahaan yang mengikuti acara JobFair atau melihat daftar lowongan yang ikut serta dalam acara JobFair
  4. Pilih informasi lowongan yang diminati lalu lakukan proses mengirim lamaran pekerjaan. Klik tombol Apply Now pada inforamsi lowongan tersebut
  5. Perusahaan akan melakukan seleksi dari lamaran yang anda kirim.
  6. Jika perusahaan menerima lamaran yang anda kirimkan sebelumnya, anda akan menerima balasan informasi email berupa undangan nomor antrian untuk Interview secara Live melalui akun BogorKerja anda.
    Sebagai informasi, BogorKerja menggunakan aplikasi third-party Jitsi untuk proses interview video live.
  7. Undangan interview JobFair ini bisa anda temukan pada halaman Dashboard akun anda pada menu JobFair > Undangan JobFair
  8. Ketika HRD perusahaan membuka akses Interview saat giliran anda. Pemberitahuan email segera masuk kepada anda. Lakukan segera Login lalu lanjutkan menuju menu JobFair > Undangan JobFair
  9. Anda bisa memulai dengan menekan tombol Mulai untuk memulai interview live.


  10. Jika indikasi tombil interview adalah Offline. Anda diharuskan menunggu giliran untuk Interview.

Aplikasi alternatif untuk pencari kerja saat proses Interview saat JobFair Virtual dapat install apps Jitsi meet.

Spesifikasi

Untuk mengikuti kegiatan jobfair virtual ini, spesifikasi device yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

Minimal Spesifikasi
Untuk model Smartphone
Android Nouget, OS 7
Ram 2GB, Free Storage 2 GB

Untuk model PC/Laptop
OS Windows 7
Monitor 14" (Laptop), Monitor 15" (PC)
Ram 2G
Support Browser Chrome, Mozilla, Edge
Terhubung dengan internet
Tidak ada komponen bermasalah
Saran Spesifikasi
Untuk Model Smartphone
Android Pancake, OS 9
Ram 4GB, Free Storage 10GB

Untuk model PC/Laptop
OS Windows 10
Monitor 16" (Laptop), Monitor 24"
Ram 4-8GB
Support Browser Chrome, Mozilla, Edge
Terhubung dengan internet
Tidak ada komponen bermasalah

Mendukung Video Kemara atau ekstensi video kamera dan kecepatan sinyal Internet stabil minimal 1 Mbps
Anda dapat memanfaatkan fasilitas warnet komputer jika tidak mempunyai handphone atau laptop/pc

Apa perbedaan JobFair Virtual dengan Melamar kerja di hari biasa ?

JobFair Virtual
Pada saat acara JobFair Virtual di adakan, akan ada agenda waktu untuk proses Pra-JobFair, di mana HR Perusahaan melakukan seleksi dari lamaran yang di kirim oleh pencari kerja (sesuai jadwal acara) untuk ditindak lanjuti pada proses sesi tatap muka secara virtual (sesuai jadwal acara) JobFair berlangsung. Dengan kata lain pencari kerja dengan perusahaan akan bertemu secara langsung namun dilakukan secara virtual.

Melamar Hari Biasa
Pada proses ini pencari kerja mengirimkan surat lamaran pekerjaan kepada perusahaan dan menunggu panggilan.

Webinar

Akses halaman webinar bisa anda temukan pada halaman dashboard Extra > Webinar

Kapan webinar bisa anda gunakan. Hal ini bisa anda gunakan ketika BogorKerja dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja mengadakan acara webinar. Dengan demikian anda dapat menggunakan layanan fitur Webinar tersebut di akun anda.

Untuk kapasitas Webinar itu sendiri maksimal menampung 75 user. Jadi jika ada acara webinar yang diselenggarakan oleh BogorKerja Dinas Tenaga Kerja ini segera ikuti. Gratis

Tentang BLK

Balai Latihan Kerja atau sering disebut dengan singkatan BLK adalah prasarana dan sarana tempat pelatihan untuk mendapatkan keterampilan atau yang ingin mendalami keahlian dibidangnya masing-masing.

Secara umum keberadaan BLK adalah membuka beberapa bidang kejuruan seperti, Kejuruan Teknik Sepeda Motor, Kejuruan Teknisi Komputer, Kejuruan Operator Komputer, Kejuruan Tata Busana, Kejuruan Teknik Pendingin, Kejuruan Tata Graha, Kejuruan Tata Kecantikan Rambut, Kejuruan Tata Kecantikan Kulit, Kejuruan Tata Rias Pengantin, Kejuruan Tata Boga dan lain sebagainya. Bahkan keberadaan BLK juga bisa memfasilitasi untuk keahlian dalam bidang bahasa asing seperti, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang dan Bahasa Korea. sumber

Bagaimana cara mendaftar BLK di BogorKerja, berikut langkah-langkahnya

  1. Silahkan pilih menu Untuk Pencari Kerja > Pendaftaran BLK
  2. Pilih salah satu formulir BLK yang disediakan
  3. Isi biodata dengan data yang sebenar-benarnya
  4. Jika berhasil mendaftar, silahkan lakukan konfirmasi melalui menu halaman informasi > hubungi kami
  5. Jika kegiatan BLK belum tersedia, tampilan form pendaftaran BLK tidak akan muncul.

E-Learning

E-learning merupakan gabungan dari 2 kata, yakni electronic dan learning. Secara harfiah, e-learning adalah pembelajaran secara elektronik atau proses belajar mengajar yang dilakukan secara online. Dalam praktiknya, e-learning memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana belajarnya.

Sama seperti prinsip online pada media lainnya, proses belajar mengajar dalam e-learning jadi bisa dilakukan oleh siapapun, dimana pun, dan kapanpun. Jadi, meskipun kamu dan pengajar tinggalnya berjauh-jauhan, enggak akan jadi masalah. Bahkan beda negara pun tak jadi rintangan karena belajar dilakukan secara online.

e-Learning BogorKerja

BogorKerja dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor menyediakan layanan Pelatihan secara Gratis untuk setiap akun yang terdaftar di BogorKerja. Di mana anda dapat menemukan link ini. Untuk Pencari Kerja > Pelatihan

Pelatihan yang disediakan oleh BogorKerja ini bersumber dari lembaga atau layanan pendidikan yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor. Materi yang disajikan berupa layanan video tutorial.

Fitur pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan nilai tambah dalam menggali potensi diri bagi para calon pencari kerja untuk meningkatkan kemampuannya dalam dunia usaha / industri.

Mengapa E-Learning Dibutuhkan dalam Pembelajaran?

Efisiensi Biaya
Bayangkan, dengan proses belajar e-learning, kamu dan pengajar jadi enggak perlu keluar rumah. Kamu bisa buka gadget di rumah atau di manapun kamu berada, sehingga bisa menghemat biaya transport, uang makan, atau uang jajan lainnya. Selain itu, kamu pun enggak perlu membeli buku cetak karena bahan ajar sudah bisa diunduh di gadget.
Bisa Atur Waktu Sendiri
Pada dasarnya, belajar secara online tidak membutuhkan keharusan untuk on time layaknya kelas biasa. Kamu bisa mengatur waktu sendiri kapan saat yang tepat untuk mengakses situs web e-learning dan mempelajari hal-hal di dalamnya. Kamu pun bisa memilih sendiri mau belajar materi yang mana dulu.
Bisa Networking
Eits, kata siapa kalau kelas online atau situs web e-learning enggak bisa bikin kamu gaul? Ternyata, dengan belajar online pun kamu masih bisa networking, lho, malah jaringan pertemanannya bisa lebih luas lagi. Lewat situs web, semua orang dari manapun bisa kamu temui. Bahkan kadang-kadang, ada pula komunitas e-learning sendiri yang bisa kamu ikuti untuk saling bertukar informasi.
Tidak Ketinggalan Perkembangan Zaman
Terakhir, kenapa e-learning dibutuhkan dalam pembelajaran ialah supaya proses belajar mengajar jadi enggak kudet alias kurang update. Hampir semua sektor sudah memiliki situs online guna mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan manusia. Maka, tak ada salahnya kalau proses belajar pun ikut menjadi berbasis online supaya bisa menjangkau lebih banyak.

Tentang BKK

BKK (Bursa Khusus Kerja) adalah layanan yang dapat digunakan oleh akun pencari kerja dengan status pendidikan SMK. Fitur ini berfungsi untuk menjaring jajaran alumni sekolah SMK.

Bagaimana cara pencaker dapat mengikuti BKK, ada beberapa langkah yang bisa digunakan sebagai berikut:

  1. Cara mendaftar BKK dapat ditemukan pada link berikut Untuk Pencari Kerja > Daftar BKK
  2. Bagaimana cara saya mendaftar? Anda dapat menggunakan link Untuk Pencari Kerja > Daftar Sekolah memperoleh ID Chanel BKK.
  3. ID Chanel BKK adalah nomor registrasi BKK yang sudah terdaftar di Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor
  4. Masukan ID Chanel tersebut pada proses pendaftaran BKK. Jika berhasil daftar keanggotaan BKK dapat anda temukan di dasboard akun pada link Keanggotaan BKK
  5. Dengan fitur BKK ini, anda sebagai pencaker dengan status pendidikan SMK (alumni) dan terdaftar keanggotaan BKK memungkinkan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang dikirimkan oleh Pengelola BKK tersebut.

Wajib Lapor

Fitur wajib lapor adalah para pencari kerja yang sudah mendaftar di BogorKerja baik yang sudah diterima bekerja atau belum bekerja wajib melaporkan statusnya kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor. Untuk melakukan lapor silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun pencaker yang pernah di buat lalu akses halaman Login Pencaker.

Pilih menu Wajib Lapor pada halaman dashboard akun anda.

Wajib Lapor dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali.
Dengan melakukan Wajib Lapor ini membantu Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor untuk mengurangi tingkat pengangguran.

Sistem secara otomatis memblokir akun pencaker jika lebih dari 6 bulan tidak melakukan wajib lapor.

Catatan. Jika anda melaporkan sudah bekerja, profil anda di BogorKerja tidak akan ditampilkan.

Kuesioner

Pemerintan dan dunia usaha sangat membutuhkan informasi unit pelayanan instansi pemerintah secara rutin, yang di harapkan mampu memberikan gambaran mengenai kualitas pelayanan di instansi pemerintah kepada masyarakat. Kuisioner ini menanyakan pendapat masyarakat, mengenai pengalaman dalam memperoleh pelayanan instansi pemerintah atas penyelenggaraan pelayanna.

Pertanyaan sengaja dirancang sederhana mungkin, untuk tidak mengambil waktu Bpk/Ibu/Saudara yang sangat berharga. Pendapat Bpk/Ibu/Saudara akan sangat membantu keberhasilan survei ini sebagai alat dasar penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Pembuatan Kartu AK.I di bidang Ketenaga Kerjaan kepada masyarakat.

Tata cara mengisi survei ini adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan anda sudah login terlebih dahulu menggunakan akun pencari kerja. Login Pencari Kerja.
  2. Menu kuisioner dapat ditemukan pada menu Untuk Pencri Kerja > Kuesioner, atau
  3. Anda dapat menemukannya pada halaman dashboard akun Menu Navigasi > Kuesioner
  4. Silahkan isi kuesioner tersebut lalu Kirim Kuesioner.

Anda dapat mengirimkan kuesioner 1 kali.

Call Center

Adalah fitur layanan kontak yang disediakan oleh BogorKerja. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk bertanya dan di jawab oleh pihak yang memilki otoritas di Dinas Tenaga Kerja. Di mana saya dapat menemukan link ini, anda dapat menemukanya pada link Halaman Informasi > Hubungi Kami