Tentang BogorKerja

BogorKerja merupakan sebuah portal web yang memberikan informasi seputar lowongan kerja yang di akomodasi oleh Pemerintah Kota Bogor Dinas Tenaga Kerja.

Perusahaan mendapatkan akses untuk melakukan posting lowongan kerja dan melakukan managemen lamaran pekerjaan yang di kirimkan oleh pencaker.

Pencaker (Pencari Kerja) dapat memanfaatkan fasilitas BogorKerja untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang di posting oleh perusahaan yang sudah di verifikasi terlebih dahulu oleh Dinas Tenaga Kerja.

Benefit Bagi Perusahaan

Keuntungan (Benefit) yang bisa perusahaan dapatkan dengan menggunakan fasilitas BogorKerja, adalah sebagai berikut

  1. Termasuk dalam golongan perusahaan resmi dan status verifikasi
  2. Mendapatkan kesempatan bergabung dalam acara kegiatan (JobFair dan lain sebagainya) yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja
  3. Dapat melakukan posting informasi lowongan kerja
  4. Dapat melihat dan melakukan perekrutan data kandidat yang berada di BogorKerja
  5. Diberikannya semua fasilitas kepada perusahaan untuk mengatur proses penerimaan ketenaga kerjaan
  6. Mendapatkan ruang untuk melakukan Webinar
  7. dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa diperoleh

Daftar Akun Baru

Sebagai perusahaan, anda dapat melakukan pendaftaran untuk mendapatkan pelayanan dari BogorKerja. Fitur yang bisa anda dapatkan dengan melakukan pendaftaran adalah sebagai berikut

  1. Mendapatkan fasilitas aplikasi Mini HRD
  2. Mendapatkan akses profil perusahaan
  3. Posting lowonan pekerjaan
  4. Managemen data lamaran pekerjaan
  5. Mendapatkan informasi kandidat dan memberikan penawaran langsung
  6. Berkesempatan mengikuti kegiatan JobFair
  7. Fasilitas interview online
  8. Managemen data pemagangan
  9. Webinar
  10. dan masih banyak lagi pelayanan yang di dapat dari BogorKerja (Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor)
Setelah melakukan pendaftaran, status perusahaan anda adalah Belum Verifikasi.
Untuk melakukan Verifikasi silahkan menghubungi langsung kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor. Informasi Kontak
Perusahaan dapat memposting informasi lowongan pekerjaan setelah status perusahaan ter-Verifikasi.

Link Aktivasi User?

Setelah anda melakukan pendaftaran. Sistem akan mengirimkan link Aktivasi ke alamat email anda. Fungsi Aktivasi ini untuk mengaktifkan user agar dapat di akses.

Sudah mendaftar, tetapi tidak menerima email?
Perusahaan anda sudah didaftarkan tetapi tidak menerima email konfirmasi / pemberitahuan.
Terdapat 2 pilihan solusi yang bisa anda gunakan untuk permasalahan ini:
  1. Silahkan anda masuk ke halaman login area perusahaan Mini HRD lalu pilih menu Lupa Password
  2. Menghubungi Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor, Kontak
Kewajiban melakukan aktifitas akun perusahaan
Perusahaan yang sudah terdaftar wajib melakukan aktifitas kegiatan pada akun yang digunakan untuk mengakses BogorKerja.
Hal tersebut untuk terhindar dari pembekuan akun (Suspend Account).

Aktifitas apa saja yang bisa anda lakukan, adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan kegiatan managemen data pengirim lamaran (pencaker) dengan cara:
    - Login Aplikasi klik di sini
    - Melakukan Interview
    - Menerima Lamaran
    - Menolak Lamaran
    - Posting Informasi Lowongan Pekerjaan
    - Memperbaharui Masa Aktif Lowongan Pekerjaan
Untuk mengaktifkan kembali akun anda, silahkan menghubungi kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor.
Saya lupa username dan password, bagaimana caranya?

Jika anda lupa username atau password, silahkan lakukan reset password pada halaman login perusahaan dan klik tombol lupa password.

Tapi bagaimana jika saya lupa email?
Solusinya anda dapat bertanya langsung ke pada kami melalui Pusat Bantuan atau menghubungi kami melalui nomor kontak yang tersedia di web BogorKerja.

Penyebab akun tidak dapat digunakan (Account Suspend)?
Jika akun perusahaan anda yang berada di BogorKerja tidak ada aktifitas lebih dari 3 bulan, sistem secara otomatis akan membekukan akun anda (Suspend Account).

Untuk mengaktifkan kembali akun anda, silahkan menghubungi kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor.
Bagaimana jika HRD yang sebelumnya pindah kerja dan tidak memberitahukan informasi akun?
Ada 2 langkah yang bisa anda pilih salah satunya jika terjadi hal demikian.
  1. Lakukan konfrimasi via online menggunakan akses Pusat Bantuan dengan jenis pertanyaan "Konfirmasi"
  2. Menghubungi atau datang langsung ke Kantor Dinas Tenaga Kerja.
Sudah mendaftar, tetapi tidak bisa login?

Jika sudah berhasil mendaftar dan tidak bisa login, kemungkinan hal itu dikarenakan username yang anda buat sudah digunakan oleh orang lain. Sistem secara otomatis akan mengganti username anda dengan alamat email yang anda masukan. Silahkan login dengan alamat email anda.

Namun, jika alamat email anda pun sudah pernah di daftarkan sebelumnya, username anda akan di generate oleh sistem secara otomatis menjadi kode acak. Hal ini mengharuskan anda untuk konfirmasi email secara manual ke kantor Dinas Tenaga Kerja.
Untuk dapat mengetahui generate username anda, silahkan cek username anda di email inbox anda.

Jika kesulitan dengan hal tersebut, silahkan datang ke Kantor Dinas Tenaga Kerja untuk bantuan perubahan data akun ke operator.

re-Verifikasi Akun

Menu verifikasi akun bisa anda temukan pada menu Untuk Perusahaan > Mini HRD > Verifikasi Akun

re-Verifikasi akun hanya berlaku bagi akun yang sudah pernah di-verifikasi oleh Dinas sebelumnya. Hal ini digunakan jika akun anda terkena (Account Suspend) diakibatkan karena akun tidak aktif lebih dari 3 bulan.

Cara menggunakan verifikasi akun cukup dengan memasukan alamat email penanggung jawab (HR) dari perusahaan tersebut dan sistem akan secara otomatis mengirimkan pesan notifikasi ke alamat email.

Tentang Mini HRD

Akses aplikasi Mini HRD

Aplikasi Mini HRD adalah layanan aplikasi yang disediakan oleh BogorKerja bagi perusahaan untuk mengatur data penerimaan karyawan. Fitur utama dari Mini HRD ini adalah managemen data lamaran pekerjaan dan managemen data karyawan.

Bagaimana cara mendapatkan akses aplikasi ini adalah dengan cara mendaftarkan perusahaan ke BogorKerja.

Posting Lowongan Kerja

anda dapat memposting lowongan kerja setelah di proses verifikasi oleh Dinas.
Untuk melakukan Verifikasi silahkan menghubungi langsung kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bogor. Informasi Kontak

Pada halaman dashboard perusahaan, anda dapat memposting informasi lowongan pekerjaan untuk dapat di tampilkan di web portal BogorKerja.

Informasi lowongan pekerjaan yang anda posting memilik masa waktu yang bisa ditentukan sendiri. Sistem akan secara otomatis menutup proses Apply Job bagi para pencaker jika masa aktif lowongan kerja sudah habis.

Sebagai catatan, perusahaan dapat menampilkan informasi kontak HRD pada setiap informasi lowongan pekerjaan dengan cara mengaktifkan fitur permission dengan merubah informasi profil perusahaan pada menu Account Info > Profil Perusahaan dengan cetang checkbox "Dengan ini saya menyatakan bersedia membagikan informasi kontak secara publik." seperti pada gambar di bawah ini:

Managemen Data Pelamar

Akun yang anda buat di BogorKerja dapat di gunakan untuk proses managemen data pelamar. Managamen apa saja yang bisa di gunakan mengelola data pelamar ini adalah sebagai berikut

  1. Proses penerimaan lamaran kerja
  2. Managemen penerimaan lamaran
  3. Proses undangan JobFair

Penerimaan Lamaran Kerja

Ketika pencaker melakukan Apply Job untuk lowongan pekerjaan yang anda buat. Data pelamar tersebut akan terkirim ke akun dashboard anda.

Gunakan menu Action untuk memanage data penaker untuk dilakukan Interview, Diterima ataupun Ditolak.

Profil Kandidat

Dengan mendaftarkan diri di BogorKerja (sebagai pencaker), secara otomatis akan memiliki halaman profil. Hal ini bisa dipergunakan sebagai profil CV untuk kebutuhan proses melamar kerja. Halaman profil yang ada di BogorKerja akan menampilkan informasi seperti

  1. Biodata nama lengkap alamat dan kontak
  2. Informasi biografi
  3. Informasi pendidikan
  4. Informasi pengalaman pelatihan
  5. Informasi pengalaman kerja
  6. Informasi dokumen

Dengan fitur profil kandidat ini, HRD dapat dengan mudah menemukan kandidat yang di inginkan untuk menempati posisi di perusahaan.

Perusahaan dapat melihat informasi kontak dan mengirim pesan penawaran dari pencari kerja dengan syarat terdaftar di Dinas Tenaga Kerja (BogorKerja), berstatus Verifikasi dan memposting informasi lowongan kerja dengan status aktif.

JobFair Virtual

Pemerintah dalam hal khususnya Dinas Tenaga Kerja adalah sebagai media yang memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam hal ketenaga kerjaan. Memberikan pelayanan kegiatan berupa Bursa Kerja (JobFair) bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pekerjaan.

Namun hal tersebut tidak dapat dilakukan disaat pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu Pemerintah khususnya Dinas Tenaga Kerja berupaya untuk memenuhi pelayanan kepada masyarakat melalui Bursa Kerja Virtual / JobFair Virtual. Sehingga kegiatan Bursa Kerja / JobFair ini dapat dilakukan #dikantorsaja (komputer/laptop).

Untuk dapat mengikuti kegiatan JobFair yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja. Anda sebagai HRD/Penanggung Jawab perusahaan dapat menghubungi pihak Dinas untuk memberikan konfirmasi keikutsertaan acara JobFair tersebut.

pastikan perusahaan anda sudah mendaftar di BogorKerja.

Berikut penjelasan dalam proses JobFair Virtual ini adalah sebagai berikut

  1. Jika anda sudah mengikuti kegiatan JobFair, nama perusahaan anda akan muncul pada Daftar Peserta JobFair serta akan dimasukan ke dalam grup whatsapp untuk kemudahan komunikasi
  2. Sebelum memulai, anda akan mendapatkan pelatihan cara menggunakan layanan JobFair Virtual oleh operator yang sudah disediakan melalui via zoom dan di jadwalkan
  3. Operator akan siap melayani pertanyaan-pertanyaan dari HRD terkait kegiatan JobFair Virtual ini selama proses acara ini berlangsung
  4. Silahkan awali langkah awal dengan mem-posting lowongan pekerjaan yang di peruntukan untuk informasi lowongan JobFair tersebut
  5. Dinas Tenaga Kerja akan memberikan waktu 1 bulan untuk proses seleksi data pencaker yang mengirimkan lamarannya kepada perusahaan anda sebelum hari H JobFair Virtual dilaksanakan
    Di halaman dashboard anda terlihat seperti pada gambar di atas adalah proses melakukan seleksi data pelamar untuk ikut serta JobFair Virtual
  6. Pelamar yang sudah di seleksi, datanya akan berpindah ke menu JobFair > Peserta Job Fair
    Tombol Mulai akan aktif ketika sudah masuk tanggal acara JobFair.
    anda dapat menambahkan Passcode ketika proses Interview Live berlangsung.
  7. Kegiatan acara JobFair Virtual dilakukan secara interview live sesuai tanggal kegiatan.
    Sebagai informasi, BogorKerja menggunakan aplikasi third-party Jitsi untuk proses interview video live.
  8. Hasil dari interview live saat JobFair ini, perusahaan dapat menentukan untuk:
    - Interview ulang
    - Menerima pelamar
    - Menolak pelamar

Spesifikasi

Untuk mengikuti kegiatan jobfair virtual ini, spesifikasi device yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

Minimal Spesifikasi
OS Windows 7
Monitor 14 (Laptop), Monitor 19 (PC)"
Ram 4G
Support Browser Chrome, Mozilla, Edge
Terhubung dengan internet
Tidak ada komponen bermasalah
Saran Spesifikasi
OS Windows 10
Monitor 16" (Laptop), Monitor 24" (PC)
Ram 8GB
Support Browser Chrome, Mozilla, Edge
Terhubung dengan internet
Tidak ada komponen bermasalah

Mendukung Video Kemara atau ekstensi video kamera dan kecepatan sinyal Internet stabil minimal 1 Mbps

Apa perbedaan JobFair Virtual dengan Melamar kerja di hari biasa ?

JobFair Virtual
Pada saat acara JobFair Virtual di adakan, akan ada agenda waktu untuk proses Pra-JobFair, di mana HR Perusahaan melakukan seleksi dari lamaran yang di kirim oleh pencari kerja (sesuai jadwal acara) untuk ditindak lanjuti pada proses sesi tatap muka secara virtual (sesuai jadwal acara) JobFair berlangsung. Dengan kata lain pencari kerja dengan perusahaan akan bertemu secara langsung namun dilakukan secara virtual.

Melamar Hari Biasa
Pada proses ini pencari kerja mengirimkan surat lamaran pekerjaan kepada perusahaan dan menunggu panggilan.

Walk in Interview

Bagaimana cara perusahaan melakukan Walk in Interview menggunakan layanan Bogorkerja. Dengan fitur ini, HR Perusahaan bertindak untuk mencari kandidat yang dapat di pilih secara langsung dan mengundangnya untuk proses interview.

Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1:

Pada halaman admin HR anda di Bogorkerja, silahkan pilih Menu lalu pilih cari kandidat. Silahkan cari berdasarkan nama peserta.

Langkah 2:

Pastikan peserta yang akan di interview, sudah terdaftar di Bogorkerja dan sudah membuat kartu kuning/AK.I. Peserta yang sudah membuat akun pencaker dan memiliki kartu kuning, akan memiliki tanda checklist hijau seperti pada gambar.

Langkah 3:

Silahkan klik View Profil untuk melihat profil kandidat pencaker. Pada halaman profil kandidat, silahkan klik tombol Undang Interview dan akan muncul jendela udangan interview seperti pada gambar. Pilih lowongan sesuai dengan interview yang di maksud, tulis subjek pesan lalu isi pesan untuk memberi tahu calon kandidat yang akan di interview.

Langkah 4:

Peserta yang sudah anda undang interview akan muncul datanya di menu Dashboard akun Bogorkerja. Selanjutnya anda dapat melakukan tindakan untuk menerima lamaran kerja, tolak lamaran kerja, atau mengundang kembali di hari lain Re-Undang Interview.

Webinar

Akses halaman webinar bisa anda temukan pada halaman dashboard Extra > Webinar

Kapan webinar bisa anda gunakan. Hal ini bisa anda gunakan ketika BogorKerja dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja mengadakan acara webinar. Dengan demikian anda dapat menggunakan layanan fitur Webinar tersebut di akun anda.

Untuk kapasitas Webinar itu sendiri maksimal menampung 75 user. Jadi jika ada acara webinar yang diselenggarakan oleh BogorKerja Dinas Tenaga Kerja ini segera ikuti. Gratis

Meet Room

Adalah layanan web teleconference yang di peruntukan kegiatan Interview secara online atau untuk kebutuhan lainnya.

Layanan Untuk Perusahaan

Dinas Tenaga Kerja memberikan pelayanan bagi perusahaan yang cukup sibuk untuk membantu melakukan posting lowongan di BogorKerja. Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Sudah terdaftar dan memiliki akun di BogorKerja. Pendaftaran
  2. Pastikan perusahaan anda sudah terverifikasi oleh Dinas Tenaga Kerja
  3. Data perusahaan dan penanggung jawab (HRD) yang terdaftar di BogorKerja adalah data valid.
  4. Memberikan akses user login BogorKerja kepada admin pengelola di lampirkan dalam email
  5. Memberikan informasi lowongan secara detail mulai dari (judul lowongan, deskripsi, info salary, hastag, kategori, tanggal mulai dan tanggal tutup lowongan). Jika memiliki gambar iklan lowongan hal itu dapat dilampirkan
  6. Mengirimkan informasi lowongan tersebut melalui GoogleForm
  7. Admin operator Dinas Tenaga Kerja akan membantu memasukan informasi lowongan perusahaan anda ke website BogorKerja

Call Center

Adalah fitur layanan kontak yang disediakan oleh BogorKerja. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk bertanya dan di jawab oleh pihak yang memilki otoritas di Dinas Tenaga Kerja. Di mana saya dapat menemukan link ini, anda dapat menemukanya pada link Halaman Informasi > Hubungi Kami